News

5 Oktober Diperingati Sebagai Hari Guru Sedunia, untuk Merayakan Apa ?

 

Hari Guru Sedunia sudah diperingati sejak tahun 1994. Ilustrasi. Foto : republika

Kampus--Setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia  (World Teachers Day). Hari Guru Sedunia sudah diperingati sejak tahun 1994.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hari Guru Sedunia pertama kali dideklarasikan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada tahun 1994. Ketika itu dilaksanakan konferensi antarpemerintah khusus yang diselenggarakan oleh UNESCO di Paris mengadopsi Rekomendasi UNESCO/ILO tentang Status Guru, bekerja sama dengan ILO.

Menurut UNESCO Hari Guru Sedunia adalah hari untuk merayakan bagaimana guru mengubah pendidikan dan juga merefleksikan dukungan kepada guru untuk bisa menjalankan profesinya. Kegiatan ini untuk memperingati peringatan adopsi Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru, yang menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, dan standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar-mengajar.

Baca Juga: Unair Tambah Tujuh Guru Besar Baru, Tingkatkan Riset Internasional

Tujuan diperingati Hari Guru Sedunia adalah untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru.

Berbagai upacara dan penghargaan diberikan bagi guru-guru dunia yang telah melampaui ekspektasi. untuk profesinya. Banyak negara mengadakan kompetisi di mana pendidik khusus dapat dinominasikan untuk memenangkan gelar guru terbaik tahun ini. Hari Guru Sedunia 2023 dirayakan di lebih dari 100 negara.

Baca Juga: Prakerja dan Microsoft Beri Beasiswa Pelatihan AI Gratis untuk Siswa dan Lulusan SMA/SMK

Tema Hari Guru Sedunia tahun 2023 adalah “Guru yang kita perlukan untuk pendidikan yang kita inginkan: Keharusan global untuk mengatasi kekurangan guru”. Perayaan Hari Guru Sedunia tahun 2023 bertujuan untuk menekankan pentingnya menghentikan penurunan jumlah guru dan kemudian mulai meningkatkan jumlah tersebut pada saat yang bersamaan. agenda utama global. (*)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini atau e-mail : [email protected]
Kampus Republika partner of @republikaonline
kampus.republika.co.id
Instagram: @kampusrepublika
Twitter: @kampusrepublika
Facebook: Kampus Republika
Email: [email protected]