News

Hima BKPI UIKA Bogor Gelar National Guidance Counseling Competition dan Seminar Kesehatan Mental di Kalangan Gen Z

Suasana seminar nasional Kesehatan Mental di Kalangan Gen Z digelar di Kampus UIKA Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2023). Foto : dok

Kampus—Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (Hima BKPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menyelenggarakan kegiatan perlombaan Nasional Guidance Counseling Competition ( NGCC) dan seminar nasional. Acara yang digelar di Kampus UIKA Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2023) diikuti 175 mahasiswa dari berbagai universitas.

Ketua HIMA BKPI yaitu Tio Putra Gustian NGCC yang digelar berupa pembuatan poster, penulisan essai, viddo proses konseling, puisi, dan konten Tiktok edukasi. “Lomba ini diselenggarakan secara online yang telah dilaksanakan dari bulan Oktober lalu sampai November ini,” jelas Tio.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga: Ditjen Diktiristek Buka Pendaftaran Beasiswa S3 di Austria, Cek Syaratnya

Sementara itu seminar nasional bertema Bagaimana Menghadapi Kesehatan Mental di Kalangan Z menghadirkan pembicara dosen pasca sarjana UIKA Bogor Prof Imas Kania Rahman. Dalam paparannya Imas mengatakan berdasarkan hasil riset, kondisi mental Gen Z saat ini cukup miris. Masalah tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya ada kesalahan dalam persepsi.

“Faktor penyimpangan perilaku Gen Z dapat mengakibatkan kerusakan pada otak, sehingga individu akan mengalami masalah dalam mengontrol perilaku sehari-hari,” katanya.

Baca Juga: 20 SMK Terbaik di Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK, Hanya Satu dari Luar Jawa

Adapun solusinya untuk mengatasi hal tersebut menurut Imas yakni bersyukur, menjaga asupan makanan dan meningkatkan self awareness. Hal ini menurutnya dikarenakan dalam Islam setiap manusia memiliki fitrah atau potensi yaitu ruh, fisik, akal, qolb, dan nafs.

Hima BKPI UIKA Bogor . Foto : dok

“Fitrah atau potensi tersebut perlu dijaga dengan memberikan nutrisi yang baik. Sehingga pemberian nutrisi yang baik bagi fisik dengan memakan makanan dan minuman yang halal dan thoyyib, menghirup oksigen yang bersih dan sinar matahari, menerapkan pola tidur yang baik, serta habituasi positif sesuai dengan apa yang Rasulullah SAW ajarkan,” paparnya.

Baca Juga: 24 SMA Terbaik di Semarang Berdasarkan Nilai UTBK, Terbanyak Negeri, Teratas Swasta

Wakil dekan bidang kemahasiswa FAI UIKA Bogor, Yono MHI mengapresiasi kegiatan seminar yang digelar mahasiswa. Menurutnya seminar ini menyampaikan pesan bahwa kesehatan mental teramat penting diperhatikan dalam Islam.(*)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan melalui e-mail : [email protected]


Kampus Republika partner of @republikaonline
kampus.republika.co.id
Instagram: @kampusrepublika
Twitter: @kampusrepublika
Facebook: Kampus Republika
Email: [email protected]