Peserta Wajib Tahu, Begini Sistem Penilaian dan Strategi Mengerjakan Soal UTBK-SBMPTN 2022

Info Kampus  
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku pelaksana UTBK-SBMPTN menerapkan sistem penilaian Item Response Theory atau IRT. Foto : Republika
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku pelaksana UTBK-SBMPTN menerapkan sistem penilaian Item Response Theory atau IRT. Foto : Republika

Kampus—Sobat Kampus, UTBK-SBMPTN 2022 semakin dekat. Selain belajar materi dari UTBK tahun-tahun sebelumnya, sobat jiga perlu tahu system penilaiannya bagaimana nanti. Sobat Kampus juga perlu strategi mengerjalan soal UTBK-SBMPTN 2022 agar mendapatkan hasil maksimal.

Dikutip dari IG @universityid, setiap tahunnya, selalu ada peserta yang mendapatkan skor sempurna atau 1.000 pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN. Namun ada juga yang merasa beruntung karena mendapatkan skor tinggi, padahal semua jawaban tidak dijawab dengan sungguh-sungguh dan yakin.

Mengapa ini bisa terjadi ? Itu tak lain karena sistem penilaian Item Response Theory atau IRT yang digunakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku pelaksana UTBK-SBMPTN.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apa itu Item Response Theory atau IRT ? Ini adalah istem penilaian yang dipergunakan dada UTBK SBMPTN. Dengan sistem ini penilaian UTBK dilakukan dengan bobot nilai yang berbeda pada masing-masing subtes.

Pendekatan teori respons butir (Item Response Theory) dilakukan dengan menganalisis kembali karakteristik setiap soal dengan melihat kesulitannya dibanding soal lainnya. Singkatnya, semakin banyak peserta yang kesulitan dalam menjawab suatu soal, maka poin atau bobot penilaian soal tersebut semakin tinggi. Ini berlaku sebaliknya.

Strategi Menyiasati Penilaian IRT

• Jangan ragu untuk mengisi semua soal. Karena dalam pelaksanaan UTBK, tidak berlaku sistem minus. Poin terkecil yang paling memungkinkan adalah 0.3

• Gunakan strategi dalam menebak jawaban dengan metode eliminasi opsi jawaban yang paling mungkin salah. Semakin sedikit opsi jawaban tersisa semakin besar peluang untuk memilih jawaban benar.

• Tidak perlu memperkirakan tingkat kesulitan soal atau memberi alokasi waktu lebih di tipe soal-soal sulit untuk mengejar skor tertinggi, Ini karena bobot tingkat kesulitan soal baru ditentukan setelah ada pengecekan ke semua peserta dan bukan ditentukan berdasarkan tipe soal.

Nah Sobat Kampus, jadi jangan ragu untuk mengisi jawaban di soal UTBK-SBMPTN 2022 nanti. Jangan ada jawaban kosong karena tidak ada pengurangan nilai.

Semoga info ini bermanfaat ya. Semoga Sobat Kampus sukses di UTBK-SBMPTN 2022.

Baca juga :

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Lakukan Enam Langkah Ini Agar Sukses di UTBK-SBMPTN 2022

Lima Kebiasaan Sepele yang Membuat HP Jadi Cepat Rusak

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image