24.765 Peserta akan Ikut UTBK-SBMPTN 2022 di Unhas, Panitia Terapkan Pengawasan Berlapis

News  
Universitas Hasanuddin (Unhas) akan mengelola ujian UTBK-SBMPTN 2022 bagi 24.765 peserta, yang akan menggunakan 985 komputer. Foto : republika
Universitas Hasanuddin (Unhas) akan mengelola ujian UTBK-SBMPTN 2022 bagi 24.765 peserta, yang akan menggunakan 985 komputer. Foto : republika

Kampus—Sebanyak 24.765 peserta akan ikut UTBK-SBMPTN 2022 di Universitas Hasanuddin (Unhas. Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan, panitia akan menerapkan pengawasan berlapis.

“Khusus untuk pengamanan jalannya ujian, kita akan menerapkan pengawasan berlapis. Kita sudah mengidentifikasi titik-titik mana saja yang potensial terjadinya kecurangan. Sehingga kita akan mengoptimalkan pemantauan pada titik-titik tersebut,” kata Koordinator Pelaksana Pusat UTBK Unhas, Dr Wardi seperti dikutip dari laman unhas.ac.id kemarin.

Baca juga : Unhas Sediakan 4.025 Kursi di SBMPTN 2022, 6 Prodi Belum Ada Peminatnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wardi menjelaskan, hingga saat ini kesiapan telah hampir maksimal. Rapat kali ini mendengarkan laporan dari masing-masing bagian kepanitiaan, yang secara umum tidak ditemukan kendala berarti. Masing-masing bagian kepanitiaan memberikan laporan terkait kesiapan tenaga pengawas yang akan diturunkan, distribusi dokumen-dokumen ujian, kesiapan papan informasi dan penunjuk lokasi, kebutuhan perlengkapan di setiap ruangan, hingga kesiapan dukungan listrik dan pengamanan.

Wakil Rektor Bidang Akademik, selaku Ketua Panitia Pusat UTBK Unhas, Prof Muh Restu, menjelaskan bahwa pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, panitia tetap perlu mengadakan pemeriksaan terkait kesiapan, baik teknis maupun non teknis.

“Kita perlu memastikan seluruh elemen kepanitiaan telah melaksanakan tugas dan fungsinya, terutama untuk memastikan proses UTBK-SBMPTN nanti dapat berjalan tanpa kendala, tidak ada kecurangan, dan seluruh pihak yang terlibat mengetahui peran dan tanggung jawabnya,” kata Restu.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2022 akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 17 Mei 2022. Pelaksanaan gelombang pertama akan berlangsung hingga tanggal 23 Mei 2022. Unhas sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengelola ujian bagi 24.765 peserta, yang akan menggunakan 985 komputer.

Ujian berlangsung di Kampus Tamalanrea (sebanyak 780 komputer pada lima lokasi) dan Kampus Gowa (sebanyak 205 komputer pada lima lokasi). Untuk menampung peserta ujian, Panitia UTBK Unhas telah menyiapkan 37 ruangan.

Baca juga :

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Ikut UTBK-SBMPTN 2022, Apakah Wajib Sudah Vaksinasi Booster ?

Peserta Wajib Tahu, Begini Sistem Penilaian dan Strategi Mengerjakan Soal UTBK-SBMPTN 2022

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image