Info Kampus

Daftar Ujian Mandiri UGM ? Cek Persaingan Paling Ketat di Prodi Soshum

Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka pendaftaran ujian mandiri dengan menggunakan kombinasi nilai CBT-UM UGM dan skor UTBK-SBMPTN 2022. Foto : um.ug.ac.id
Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka pendaftaran ujian mandiri dengan menggunakan kombinasi nilai CBT-UM UGM dan skor UTBK-SBMPTN 2022. Foto : um.ug.ac.id

Kampus—Sobat Kampus yang ingin masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) ? Jalur mandiri masuk UGM sudah dibuka. Pendaftaran bisa dilakukan mulai 3 Juni sampai 15 Juni 2022. Kelulusan ujian mandiri UGM diumumkan pada 13 Juli 2022.

Seleksi ujian mandiri UGM ini menggunakan kombinasi nilai/skor Computer Based Test (CBT)-UM UGM Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK-SBMPTN 2022. Pendaftaran dilakukan dengan membuat akun melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.

Berita terkait : Ujian Mandiri UGM Sudah Dibuka, Ini Info Lengkap, Syarat, Cara Pendaftaran, dan Materi Ujian

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Calon peserta bisa memilih dua program studi (prodi) pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4). Biaya pendaftaran sebesar Rp 325 ribu untuk kelompok Saintek, Soshum, dan Campuran. Biaya ini berlaku untuk dua pilihan program studi. Khusus peserta yang memilih lokasi ujian di Jakarta, terdapat biaya tambahan sebesar Rp 225 ribu..

Kelompok ujian mandiri UGM terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek);Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum); dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Setiap peserta selesi mandiri UGM hanya dapat mengikuti salah satu kelompok ujian, yaitu: Saintek atau Soshum atau Campuran.

Data ini menunjukkan prodi soshum yang persaingannya sangat ketat adalah Manajemen, Ilmu Hubungan Internasional,dan Ilmu Komunikasi. Ketiga prodi tersebut persaingannya di atas 1 : 50 selama lima tahun terakhir. Bahkan beberapa tahun persaingannya di atas 1 : 100. Prodi lainnya persaingannga juga tinggi, kendati angkanya naik turun setiap tahun.

Sedangkan prodi yang persaingannya relatif rendah adalah Filsafat (persaingan paling tinggi 1: 15). Sastra Jawa (paling tingggi 1 : 24), Sastra Arab (1: 33), dan Sejarah (1:36).

Next : Persaingan Prodi Soshum Ujian Mandiri UGM

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news