Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 Pertemukan Pengelola Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Beasiswa  
Komite Forum Beasiswa Indonesia menggelar Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 pada 19 sampai 23 Agustus 2022. Foto : Komite Forum Beasiswa Indonesia
Komite Forum Beasiswa Indonesia menggelar Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 pada 19 sampai 23 Agustus 2022. Foto : Komite Forum Beasiswa Indonesia

Kampus— Komite Forum Beasiswa Indonesia yang terdiri dari berbagai lembaga pengelola beasiswa menyelenggarakan Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 pada 19 sampai 23 Agustus 2022. Acara bertajuk tema “Pemberdayaan Alumni Beasiswa untuk Indonesia Maju” akan diselenggarakan secara virtual.

Ketua Forum Beasiswa Indonesia Sri Nurhidayah mengatakan bahwa Kongres Beasiswa Indonesia berperan mempertemukan para pengelola beasiswa dari semua instansi, baik lembaga pemerintah, luar negeri, perusahaan dan yayasan. Kongres ini bisa menjadi ajang untuk berdiskusi soal berbagai isu dan tangangan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui program beasiswa. Harapannya kongres nasional ini bisa berdampak luas bagi kehidupan bangsa.

“Alumni Beasiswa telah mendapatkan kesempatan menimba ilmu, keistimewaan, serta pengalaman bermakna dalam meningkatkan kualitas diri. Dengan predikat itu semua, alumni beasiswa memiliki amanah dan tanggung jawab yang teramat besar,” kata Sri dalam rilis Komite Kongres Beasiswa Indonesia ke-2.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua 1 Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 Habiddin, Ph D menambahkan alumni beasiswa telah mendapatkan kesempatan menimba ilmu, privilage, dan pengalaman bermakna lainnya dapat meningkatkan kualitas diri yang diharapkan untuk masyarakat. Dengan predikat itu semua, alumni beasiswa memiliki amanah dan tanggung jawab yang teramat besar.

Tanggung jawab yang besar dalam membangun bangsa sedianya akan menjadi lebih ringan jika setiap alumni beasiswa mampu berkolaborasi dan bergotong royong dalam karya di manapun ranahnya. Dengan demikian diangkatlah #GotongRoyongAlumniBeasiswaUntukIndonesiaMaju sebagai slogan Kongres Beasiswa Indonesia ke-2. "Harapannya slogan ini sejalan dengan semangat yang digaungkan pada bulan Kemerdekaan ini," kata Habiddin yang juga mewakili Paguyuban DIKTIERS, Alumni BPPLB-BPPDN DIKTI Kemendibudristek.

Ketua 2 Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 Aqil Wilda Arief menambahkan bahwa cerita baik dari ikatan alumni beasiswa bisa menjadi pengetahuan serta inspirasi berharga juga motivasi bagi peserta beasiswa dan pemuda lainnya untuk segera ikut memberikan dampak bagi Ibu Pertiwi. "Penting bagi lembaga pengelola beasiswa untuk terus berinovasi dalam penanganan beasiswa supaya lebih berdampak dan memberikan efek domino bagi pembangunan Bangsa," kata Aqil yang mewakili Rumah Kepemimpinan.

Aktivitas alumni beasiswa di ranah ekonomi, bidang lingkungan maupun aspek kesehatan menjadi bukti bahwa alumni beasiswa akan terus berkarya untuk Indonesia. Dukungan dari para tokoh yang menjadi narasumber di Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 juga menjadi pemantik untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

“Tidak peduli apa warna, apa preferensi politik, apa latar belakang keilmuan, apa status sosialnya, semua alumni beasiswa dan pemuda Indonesia perlu untuk membangun kolaborasi dan GotongRoyong antar sesame,” katanya.

Dia berharap Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 bisa menjadi ajang masyarakat dan peserta acara dalam menyerap segala praktik baik alumni beasiswa, lembaga pengelola beasiswa, ikatan/forum alumni beasiswa dalam rangka memajukan gerakan beasiswa untuk supaya lebih berdampak. Acara ini pun diharapkan bisa memberikan ajang gotong royong alumni beasiswa dalam berkontribusi dan berkolaborasi bersama untuk Indonesia Maju.

Acara Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 diisi dengan pemaparan oleh sejumlah narasumber. Antara lain Kepala Puslapdik Kemendikbudristek RI Dr Abdul Kahar, Duta Besar Inggris untuk Indonesia/yang mewakili, Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso, Phd, Tokoh Korporasi dan Pendidikan Ilham Habibie, perwakila alumni ikatan penerima beasiswa, lembaga pengelola beasiswa, dan alumni penerima beasiswa.

Informasi lengkap mengenai Acara Kongres Beasiswa Indonesia dapat dilihat di tautan https://linktr.ee/kongresbeasiswaindonesia2.

Baca juga :

BRI Buka Beasiswa BRILiaN Scholarship, Sediakan Uang Saku Sampai Kesempatan Jadi Karyawan

Beasiswa Kalla 2022 untuk Mahasiswa Baru di 20 PTN, Yuk Daftar

Universitas Pertamina Tawarkan Beasiswa Patriot, Gratis SPP sampai Biaya Asrama

Buat Mahasiswa Nih, Beasiswa Cendekia BAZNAS di 101 Perguruan Tinggi Dalam Negeri

Kemdikbudristek dan LPDP Luncurkan Beasiswa untuk Guru Pendidikan Khusus

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 Dibuka Hari Ini, Simak Jadwal dan Cara Daftarnya

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Ini Beasiswa S-1 Dalam dan Luar Negeri, Deadline Juni Sampai Agustus 2022, Yuk Merapat

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image