Serba Serbi

16 Tim dari 12 Perguruan Tinggi Lolos ke Babak Final Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2022

Babak final Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2022 akan digelar secara luring pada tanggal 11 sampai 13 November 2022. Foto : puspresnas
Babak final Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2022 akan digelar secara luring pada tanggal 11 sampai 13 November 2022. Foto : puspresnas

Kampus—Sebanyak 16 tim dari 12 perguruan tinggi lolos ke babak final Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) tahun 2022. Ke-16 tim terpilih oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melalui evaluasi proposal KJI tahun 2022 yang dilaksanakan 2 sampai 6 September 2022.

Dihimpun dari laman puspresnas, Kompetisi Jembatan Indonesia merupakan suatu kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain atau rancangan jembatan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebuyaan, Riset dan Teknologi.

Berdasarkan hasil evaluasi proposal, maka BPTI dan dewan juri KJI tahun 2022 memutuskan daftar nama tim yang diundang untuk mengikuti babak final Kompetisi Jembatan Indonesia tahun 2022. Ada dua kategori dalam KJI 2022, yakni Model Jembatan Pelengkung dan Model Jembatan Rangka Baja.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pihak paniltia meminta tim finalis menyiapkan surat pernyataan yang terkait aturan kompetisi. Pertama, tidak menggunakan sambungan las pada seluruh struktur baik pada plat sambung maupun sambungan antara batang kecuali ditumpuan. Kedua, plat lantai jembatan dibuat tidak menerus minimal tiga potongan. Ketiga, surat pernyatan tersebut ditandatangani di atas materai Rp10 ribu oleh ketua tim, diketahui oleh dosen pembimbing dan kepala program studi atau ketua jurusan beserta stempel perguruan tinggi masing-masing.

Tim finalis melakukan pendaftaran ulang dengan menyertakan unggah surat pernyatan tidak ada las pada sambungan jembatan. Pendaftaran ulang dapat dilakukan mulai tanggal 8 sampai 12 September 2022 pukul 23.59 WIB melalui laman http://kjikbgi.kemdikbud.go.id.

Berikut adalah Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) Tahun 2022

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news