Paper Karya Mahasiswa Unsoed Raih Medali Emas di Ajang Internasional

Info Kampus  
Tim Unsoed yang terdiri dari Hendra, Akas Yusuf Sugito, Rosita Dewi, Pascana Metanadika, Puspa Arum, Quinetha Salsabillah Naralia Damopolii, dan Jihan Nur Fauziah, dan dosen pembimbing Ni Wayan Anik, meraih medali emas di ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2022. Foto : unsoed.ac.id  
Tim Unsoed yang terdiri dari Hendra, Akas Yusuf Sugito, Rosita Dewi, Pascana Metanadika, Puspa Arum, Quinetha Salsabillah Naralia Damopolii, dan Jihan Nur Fauziah, dan dosen pembimbing Ni Wayan Anik, meraih medali emas di ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2022. Foto : unsoed.ac.id

Kampus— Paper karya tim mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) meraih medali emas di ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2022. Kegiatan yang berlangsung pada 29 – 31 Oktober 2022, bertempat di Bali, dan diikuti 352 tim dari 32 negara.

Tim Unsoed itu terdiri dari Hendra, Akas Yusuf Sugito, Rosita Dewi, Pascana Metanadika, Puspa Arum, Quinetha Salsabillah Naralia Damopolii, dan Jihan Nur Fauziah. Mereka dibimbing oleh dosen Ni Wayan Anik

“Tim kami berhasil meraih medali emas di Agriculture, livestock, horticulture, aquaculture, and fisheries category,” kata Akas Yusuf, salah seorang anggota tim,seperti dikutip dari lama unsoed.ac.id.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurutnya inovasi ini bermula dari permasalahan yang ada di sekitar masyarakat terkait proses pematangan buah menggunakan bahan kimia berupa karbit. Penggunaan karbit terbukti kurang baik untuk kesehatan sehingga perlu solusi yang lebih ramah lingkungan.

“Tim kami berinovasi mengembangkan produk yang dapat membantu proses pematangan buah dengan bahan dasar alami berupa daun tanaman”, tambah Jihan Nur Fauziah.

Berbagai daun tanaman dicoba untuk mempercepat pemeraman buah, hingga akhirnya ditemukan beberapa daun tanaman yang berpotensi sebagai bahan utama produk.

Prestasi ini tidak digapai dengan mudah. Terlebih beberapa anggota tim ada yang sedang melakukan magang di Jepang, magang di Bogor, riset tugas akhir, maupun kesibukan perkuliahan lainnya.

“Kami beda angkatan, beda kesibukan. Kami saling berbagi jadwal. Jadi misalnya saya sibuk penelitian pagi hari, dibantu oleh anggota tim lain. Kalau ada yang sedang sibuk praktikum atau magang, kita kerjanya sore,” ucap Rosita bersemangat.

Puspa Harum yang sedang magang di Jepan mengaku membantu secara online. Dia berharap hasil penelitian ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat.

“Semoga riset kami ini bisa membantu proses pemeraman buah menjadi lebih sehat,” tutup Puspa Arum.


Baca juga :

Inovasi Water Power Generator Antar Mahasiswa Unsoed Raih Juara Pertama di Ajang WICE 2022

Dosen Sudan Lulus Program Doktor Ilmu Peternakan Unsoed

Tawarkan Solusi Atasi Krisis Air di Jakarta, Mahasiswa UI Raih Gold Medal Kompetisi Internasional

Unas Kolaborasi dengan Unsoed Gelar Penelitian dan PKM di Desa Wisata Pandak, Banyumas

Dosen UBSI Beri Pelatihan Membangun Brand Image Melalui Digital Marketing

Kemdikbudristek Buka Program PKL untuk Mahasiswa, Yuk Ikutan

Kemdikbudristek Buka Pendaftaran Mahasiswa Pendamping KLS, Dikonversi Magang 20 SKS

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image