Enam Pelajar SMP Wakili Indonesia ke Olimpiade Sains Internasional di Kolombia

Sekolah  
  Enam pelajar SMP berangkat ke ajang The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Kolombia 2-12 Desember 2022.  
Enam pelajar SMP berangkat ke ajang The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Kolombia 2-12 Desember 2022.

Kampus—Sebanyak enam pelajar pemenang Olimpiade Siswa Nasional (OSN) jenjang SMP berangkat ke ajang The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO). Ajang ini merupakan Olimpiade Sains bergengsi tingkat internasional yang dilaksanakan secara luring pada 2-12 Desember 2022 di Kolombia.

Keenam pelajar yang terpilih mewakili Indonesia di IJSO 2022 adalah Cindy Rotan (SMP Methodist 3), Novin Raushan (SMP Kesatuan Bangsa), Bagasmora Andreo Sibrani (SMP Dharma Yudha), Gusti Komang Abhika Atmaja (SMP Negeri 4 Depok), Afrand Mirza Herwinsyah (SMP Negeri 115 Jakarta), dan Muhammad Arya Razan (SMP Islam Nurul Fikri Boarding School).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi berharap keenam siswa ini dapat memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia. “Kita berharap adik-adik yang mewakili Indonesia ke IJSO di Kolombia bisa menghasilkan prestasi yang membanggakan untuk Indonesia. Selamat berjuang. Raih prestasi setinggi-tingginya,” kata Asep Sukmayadi, Kamis (01/12/22).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seperti dilansir laman puspresnas, sebelum terpilih mewakili Indonesia, keenam pelajar ini telah melalui rangkaian seleksi bertahap. Sebanyak 94 peserta didik dari 24 provinsi di Indonesia diundang untuk mengikuti Seleksi Tahap I. Dari Seleksi Tahap I tersebut terjaring 40 peserta dari 16 provinsi untuk mengikuti Seleksi Tahap II. Kemudian, dari Seleksi Tahap II terpilih 12 peserta didik untuk mengikuti training center. Dari training center ini peserta didik diberikan pembinaan dan diseleksi kembali menjadi enam peserta didik untuk mewakili Indonesia di IJSO 2022.

 

IJSO merupakan ajang tahunan bergengsi yang mewadahi kompetisi para pelajar SMP dalam bidang fisika, biologi dan matematika. Kompetisi ini terdiri dari tes tertulis, teoritis, dan praktik mengenai pengetahuan fisika, kimia, dan biologi.

Salah seorang pembina IJSO, Budhy Kurniawan menyampaikan bahwa proses pembinaan untuk IJSO lebih sulit dan kompleks. “Karena sifatnya ada pertandingan kelompok dan sifatnya memadukan mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi, maka proses pembinaan siswa untuk IJSO lebih sulit dan kompleks dibandingkan dengan pembinaan untuk lomba-lomba internasional tingkat SMA yang sudah fokus pada satu bidang dan sifatnya individual,” ujar Budhy yang juga dosen di Universitas Indonesia.

Seluruh rangkaian ajang IJSO akan ditutup pada Minggu, 11 Desember 2022 waktu setempat yang bersamaan dengan pengumuman pemenang.

Baca juga :

Pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Jenjang SMA/MA Tahun 2022, Cek dari Sekolahmu

Jawa Timur Juara Umum OSN 2022, Ini Daftar Lengkap Perolehan Medali Semua Provinsi

DKI Jakarta Juara Umum Lomba Debat Tingkat Nasional, Ini Daftar Lengkap Pemenangnya

ITB, Universitas Sampoerna, dan UGM Juara Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan NUDC 2022

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image