News

Fakultas Teknik Unand Gelar FGD KKN Tematik di Koto Gadang, Agam

 FGD Fakultas Teknik Unand di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin (29/07/2024). Foto : dok kampus republika

Kampus--Dosen bersama mahasiswa pelaksana KKN Tematik dan Pengabdian Masyarakat Unggulan Fakultas Teknik Universitas Andalas melaksanakan Fokus Group Discussion (FGD) di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin (29/07/2024). FGD ini bertujuan untuk memaparkan berbagai hasil yang telah dicapai oleh dosen dan mahasiswa selama pelaksanaan KKN dan Pengabdian Masyarakat di Koto Gadang.

Berbagai bidang dan disiplin ilmu terlibat dalam KKN Tematik dan Pengabdian Masyaraka Unggulan Fakultas Teknik Universitas Andalas, antara lain Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Semuanya bekerja bersama untuk menyelesaikan persoalan pengembangan kawasan wisata di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam secara holistik. Sinergi ini memungkinkan pendekatan yang komprehensif dalam merancang solusi yang inovatif dan berkelanjutan, mulai dari perencanaan infrastruktur, pengelolaan lingkungan, hingga pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran dan promosi pariwisata.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dosen dan mahasiswa di disiplin ilmu Arsitektur bergerak merancang arsitektur untuk lokasi wisata Baliak Koto di kawasan Ngarai Sianok, perancangan area publik di pusat Nagari Koto Gadang, serta perancangan cluster perumahan Koto Gadang untuk mendukung sarana pariwisata. Rancangan ini diharapkan bisa dieksekusi baik oleh Pemda ataupun Stakeholder terkait, sehingga bisa menjadi salah satu satu daya tarik baru bagi wisatawan.

Sementara itu dosen dari Teknik Sipil dan mahasiwanya bergerak pada perancangan 'Track Tourism', Track Trail, dan Sistem Informasi Geografis (GIS). Mereka juga mengembangkan sistem informasi geografis pariwisata, membuat peta detail situasi dan melakukan studi serta rancangan teknis untuk penanggulangan bencana longsor di Jorong Sutijo. Selain itu, mahasiswa juga memproduksi video sinematik yang menampilkan keindahan kawasan Nagari Koto Gadang, memperkuat upaya promosi pariwisata di daerah tersebut.

Teknik lingkungan berkontribusi dengan merancang sistem pengelolaan sampah yang efektif serta mengevaluasi dan merencanakan jaringan air bersih untuk mendukung pariwisata. Fokus kegiatan dari dosen dan mahasiswanya adalah pada peningkatkan kebersihan dan ketersediaan air bersih bagi masyarakat serta wisatawan. Disisi lain, dosen dan mahasiswa dari Teknik Elektro, memfokuskan studi sumber energi terbarukan. Mereka merancang sistem energi surya yang ramah lingkungan untuk penerangan jalur di kawasan wisata.

Pengembangan website pariwisata sebagai alat pemasaran digital untuk meningkatkan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pariwisata di Nagari Koto Gadang menjadi fokus dosen dan mahasiswa dari Teknik Industri. Pembuatan website ini menjadi bagian dari projek digital marketing yang nantinya akan di kelola oleh anak nagari. Dengan digital marketing dimungkinkan pengenalan yang lebih efisien dan efektif dari berbagai potensi yang ada di Nagari Koto Gadang keberbagai belahan dunia.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kalaborasi dan sinergitas antar berbagai bidang dan disiplin ilmu ini memungkinkan pendekatan yang komprehensif dalam merancang solusi yang inovatif dan berkelanjutan, mulai dari perencanaan infrastruktur, pengelolaan lingkungan, hingga pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran dan promosi pariwisata,” kata Masril Syukur selaku ketua tim pelaksana kegiatan.

Dia berharap pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat tetapi juga memberikan contoh model pembangunan desa wisata yang dapat direplikasi di daerah lain. (*)

Berita Terkait

Image

Prodi Arsitektur Unand Lakukan Kunjungan Resmi ke UiTM Malaysia