News

Unand Bangun Generasi Wirausaha Melalui Program SI GEMAS

Unand menggelar program SI GEMAS di Kampus Unand, Padang, Sumatera Barat, Senin (01/07/2024). Foto : dok

Kampus--Universitas Andalas (Unand) bersama PT Pegadaian melalui program The Gade Generation kembali menghadirkan Ruang Inkubasi Mahasiswa yang tertarik dan ingin memulai untuk Berinvestasi dalam Skala Kecil (SI GEMAS) . Program ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan literasi keuangan serta investasi bagi mahasiswa.

Kegiatan SI GEMAS yang digelar Senin (01/07/2024) menggabungkan pertemuan tatap muka di The Gade Creative Lounge, yang terletak di lantai 2 Gedung Perpustakaan Unand, dengan sesi daring melalui Zoom Meeting. Acara yang terbuka untuk mahasiswa dan disambut dengan antusiasme yang tinggi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Acara dimulai dengan kata sambutan sekaligus pembukaan kegiatan SI GEMAS oleh Ketua Perpustakaan UNAND, Yori Yuliandra, MFarm. Dalam sambutannya, Yori Yuliandra menyampaikan bahwa perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai tempat peminjaman buku.

“Perpustakaan adalah sumber dan sarana pembelajaran yang perlu dioptimalkan oleh sivitas akademika, terutama mahasiswa. Untuk itu, Perpustakaan Unand telah bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah PT Pegadaian, untuk meningkatkan literasi finansial di kalangan mahasiswa,” kata Yori.

Hal senada diungkapkan oleh Riki Rolando, SE, Pimpinan Cabang Pegadaian Tarandam. Riki Rolando menekankan pentingnya literasi keuangan dan investasi bagi generasi muda, dan program SI GEMAS dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk memulai perjalanan mereka dalam dunia investasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh Unit Pengelola Teknologi dan Kewirausahaan (UPT Kewirausahaan) Unand. Dr Nofialdi selaku ketua UPT Kewirausahaan menegaskan bahwa investasi bukan sekadar soal memperoleh keuntungan finansial, tetapi juga membangun pemahaman mendalam tentang risiko, pengelolaan keuangan, dan strategi bisnis.

“Oleh sebab itu progam Si GEMAS perlu didukung karena program ini tidak hanya menciptakan investor muda yang cerdas, tetapi juga wirausahawan yang inovatif dan tangguh,” tuturnya.

Prof Donard Games, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unand, yang menjadi narasumber pada acara SI GEMAS. Dengan gaya penyampaiannya yang lugas dan dan bersemangat, berhasil menarik perhatian seluruh peserta. Donard Games menjelaskan berbagai jenis investasi seperti saham, obligasi, dan reksadana, serta memberikan tips praktis tentang bagaimana mengelola risiko dalam berinvestasi.

Acara semakin menarik dengan hadirnya Hayattul Riski, Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Sumatera Barat, yang berbagi pengalaman pribadi dan perjalanan suksesnya dalam dunia investasi. Hayattul menekankan pentingnya disiplin dan konsistensi dalam berinvestasi, serta bagaimana memanfaatkan peluang yang ada untuk mencapai tujuan keuangan.

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan diskusi, yang dipandu oleh moderator. Beberapa peserta bahkan mengungkapkan keinginan mereka untuk segera memulai investasi kecil-kecilan dengan bimbingan dari para narasumber.

Selama diskusi, berbagai topik menarik tentang investasi dan kewirausahaan dibahas. Mahasiswa diajak untuk memahami bahwa investasi bukan hanya tentang memperoleh keuntungan finansial tetapi juga tentang membangun masa depan yang lebih baik dan aman secara finansial. Mereka didorong untuk berani mengambil dan mencari peluang, namun tetap dengan landasan data yang kuat dan analisis yang cermat. (*)

Berita Terkait

Image

Prodi Arsitektur Unand Lakukan Kunjungan Resmi ke UiTM Malaysia