Info Kampus

Daftar Pemenang Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023, Universitas Brawijaya Juara Umum

Universitas Brawijaya (UB) keluar sebagai juara umum Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023. Foto : puspresnas

Kampus—Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 selesai digelar. Universitas Brawijaya (UB) keluar sebagai juara umum
KJI adalah kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain atau rancangan jembatan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPTI, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ada dua kategori dalam KJI yakni Model Jembatan Pelengkung dan Model Jembatan Rangka Baja.

KJI tahun 2023 merupakan KJI ke-18 yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 16 sampai 20 Oktober 2023. Teman kegiatan adalah “Rancang Bangun Jembatan yang Optimum dan Ramah Lingkungan Sesuai Kearifan Lokal Karya Talenta Muda Mendunia.” 

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga: UMY akan Jadi Tuan Rumah Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Hendarman, mengatakan penyiapan sumber daya manusia unggul dan bersaing dapat tercipta melalui KJI sebagai ajang pengembangan ekosistem dan akuisisi talenta.

“KJI 2023 memiliki peran penting dalam mengembangkan kreatifitas, inovasi, dan berpikir kiritis bagi mahasiswa dalam melihat permasalahan jembatan di Indonesia,” ujar Hendarman dalam acara Penutupan dan Penganugerahan KJI 2023, Kamis (9/10/2023).

 

Baca Juga: Sembilan Dosen ITB Masuk Daftar Peneliti Terbaik di Dunia

Tujuan utama dilaksanakan ajang talenta ini mendorong dan menumbuhkembangkan kreatifitas dan talenta mahasiswa dalam bidang perencanaan, perancangan, pelaksanaan konstruksi, dan juga aspek perawatan jembatan. KJI secara resmi ditutup Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada Kamis (19/10/2023)


Daftar Pemenang KJI 2023
Kategori Jembatan Rangka Baja:
Juara 1 : Universitas Brawijaya
Juara 2 : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Juara 3 : Politeknik Negeri Ujung Pandang
Harapan 1 : Universitas Negeri Yogyakarta

Juara lategori dengan kesesuaian antara implementasi dengan rancangan awal terbaik: Politeknik Negeri Ujung Pandang.
Juara Kategori Jembatan Terindah : Universitas Brawijaya

Kategori Jembatan Rangka Baja
Juara 1 : Universitas Negeri Malang
Juara 2 : Politeknik Negeri Jakarta
Juara 3 : Universitas Gadjah Mada
Harapan 1 : Politeknik Negeri Ujung Pandang
Harapan 2 : Universitas Hasanuddin
Juara Kategori Jembatan dengan Metode Konstruksi Terbaik : Universitas Negeri Malang
Juara Kategori Jembatan dengan Kesesuaian antara Implementasi dengan Rancangan Awal Terbaik : Universitas Negeri Jakarta
Juara Kategori Jembatan Terindah : Universitas Negeri Malang

Baca Juga: Ini Pemenang Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2022, Universitas Negeri Malang Juara Umum

Wakil Rektor UMY Bidang Akademik, Sukamta, mengatakan hasil jembatan yang telah dirancang oleh para finalis KJI 2023 dapat menjadi inspirasi untuk membangun jembatan berdasarkan model yang telah dirancang tersebut. Ia juga menilai bahwa keikutsertaan para peserta dalam KJI 2023 jangan hanya dibatasi untuk sekadar mencari gelar juara.

“Kami berharap agar pengalaman yang para peserta peroleh selama mengikuti KJI 2023 menjadi awal mula lahirnya ikon kebangsaan nasional khususnya di bidang jembatan. Semoga saudara sekalian dapat terus berlatih mempertajam keterampilan dan memperluas jaringan yang nantinya akan berguna di masa depan,” jelas Sukamta.

Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Foto : puspresnas

Pada KJI tahun 2022, Universitas Negeri Malang (UM) menjadi juara umum. UM menjadi juara 1 untuk Kategori Jembatan Pelengkung. Selain itu UM juga meraih penghargaan Kategori Terkokoh, dan Kategori dengan kesesuaian antara implementasi dengan rancangan awal terbaik. (*)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini atau e-mail : [email protected]
Kampus Republika partner of @republikaonline
kampus.republika.co.id
Instagram: @kampusrepublika