12.420 Mahasiswa Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di 138 Perguruan Tinggi

Serba Serbi  
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua diikuti oleh 12.420 mahasiswa. Foto : ditjen dikti
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua diikuti oleh 12.420 mahasiswa. Foto : ditjen dikti

Kampus—Sebanyak 12.420 mahasiswa yang berasal dari 479 Perguruan Tinggi (PT) akan mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua di 138 PT penerima di seluruh Indonesia. Para mahasiswa akan menjalani perkuliahan di PT penerima selama satu semester, yaitu pada bulan Agustus hingga Desember 2022, dan mendapat pengakuan satuan kredit semester hingga 20 SKS.

“Satu semester tentu bukan waktu yang lama, tapi saya yakin jika adik-adik mahasiswa bisa mengoptimalkan waktu itu adik-adik dapat memperoleh banyak hal yang akan memperkaya pengalaman dan sekaligus membangun portofolio,” ucap Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, pada acara Pemberangkatan dan Penerimaan Peserta PMM 2 Tahun 2022 yang diselenggarakan secara daring, Kamis (11/8).

Dirilis kemdikbud.go.id, PMM merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar perguruan tinggi asal mereka. Melalui program ini, mahasiswa dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, dan solidaritas melalui pembelajaran antarbudaya, serta mengembangkan kompetensi dan kepemimpinan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Animo mahasiswa untuk mengikuti PMM 2 cukup tinggi, terbukti dari jumlah pendaftar yang mencapai angka 35.107 mahasiswa dari 479 perguruan tinggi Indonesia. Mahasiswa peserta PMM 2 dipilih melalui serangkaian proses seleksi yang dilangsungkan pada bulan Juni dan Juli lalu. Keberangkatan para peserta program dilakukan secara bertahap, di mana kloter pertama telah dilakukan pada 4 Agustus 2022 dengan tujuan Universitas Sriwijaya, dan pada 11 Agustus sebanyak 2.348 mahasiswa melakukan pemberangkatan ke 15 PT penerima.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang mendukung pelaksanaan program, termasuk orang tua mahasiswa dan PT penerima,” ucapnya bangga.

Selain seremonial, acara pemberangkatan dan penerimaan peserta PMM 2 tahun 2022 juga menjadi ajang untuk memberikan arahan terkait persiapan pemberangkatan mahasiswa, serta memberikan dukungan dan semangat kepada mahasiswa peserta program. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari PT penerima dan PT pengirim, perwakilan orang tua mahasiswa, serta perwakilan mahasiswa peserta PMM 2.

“Kami berharap adik-adik mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin dalam saling bertukar budaya dan wawasan, serta merefleksikan perbedaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” kata Sri.

Baca juga :

17 Universitas Top Indonesia Buka Kelas Wirausaha Merdeka

Pendaftaran Program Wirausaha Merdeka untuk Mahasiswa Sudah Dibuka, Yuk Ikutan

Biar Liburan Mahasiswa Lebih Produktif, Ini Tips Dosen IPB

Mau Jadi Naradamping G20 : Culture Ministers' Meeting ? Ini Kesempatannya

Tips Menghubungi Dosen Via WA Agar Urusan Lancar

Tips Agar Baterai HP Awet Saat Tethering Seharian

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Kunjungi Museum Virtual Seperti Nyata, Ini Linknya

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image