Mahasiswa ITB Kenalkan Loseda, Solusi Pengelolaan Sampah Dapur

Serba Serbi  
Demonstrasi loseda oleh mahasiswa ITB di Dusun Mulyoarjo, Pronojiwo. Lumajang, Jawa Timur. Foto : itb.ac.id
Demonstrasi loseda oleh mahasiswa ITB di Dusun Mulyoarjo, Pronojiwo. Lumajang, Jawa Timur. Foto : itb.ac.id

Kampus—Mahasiswa KKN Kolaborasi Institut Teknologi Bandung (ITB) 2022 melaksanakan sosialisasi lodong sesa dapur (loseda) sebagai solusi pengelolaan sampah di Desa Pronojiwo. Kegiatan ini dilaksanakan di dua waktu dan tempat yang berbeda. Pertaa di Aula Balai Desa Pronojiwo pada 4 Agustus 2022 dan di Gazebo Dusun Mulyoarjo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur 6 Agustus 2022..

Loseda adalah sebuah pipa atau bambu bediameter sekitar 120 cm yang dipakai untuk wadah membuang sampah sisa dapur. Sampah organik tersebut selanjutnya disiram campuran air cucian beras dan gula merah yang berfungsi sebagai pemercepat pembusukan. Setelah 14 hari atau lebih, isi loseda dapat diambil dan dijadikan kompos untuk menggemburkan tanah dan tanaman.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan sambutan antusias oleh para stakeholder dan warga Desa Pronojiwo. “Sampah organik di pasar itu menumpuk dan saya rasa loseda ini solusi yang bagus,” ujar Mariono, Kepala RT 03 RW 02. Terlebih, komoditas utama dari Desa Pronojiwo adalah perkebunan, membuatnya cukup bergantung pada pupuk organik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rifki Hasbi Ash Shiddiq selaku salah satu pemateri sosialisasi loseda menilai bahwa penggunaan loseda di desa ini sudah tepat karena instalasi dan penerapannya yang mudah. “Saya berharap ke depannya ini bisa membantu dalam menyelesaikan masalah pengolahan persampahan,” kata Rifki.

 

Baca juga :

Kenalkan Energi Besih, Mahasiswa ITB Pasang Panel Surya di SDN Pelesiran

Raja Muhammad, Mahasiswa Termuda UGM, Berusia 15 Tahun

Tips Menghubungi Dosen Via WA Agar Urusan Lancar

Merasa Insecure ? Begini Tips Menghadapinya dari Dosen Psikologi UGM

Ini Manfaat Penting Susu Menurut Pakar IPB

Tips Agar Baterai HP Awet Saat Tethering Seharian

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image