900 Siswa Berkompetisi di Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2022 Jenjang SMA/MA

Sekolah  
Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional dibuka secara virtual pada Senin (03/10/22). Foto : puspresnas
Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional dibuka secara virtual pada Senin (03/10/22). Foto : puspresnas

Kampus—Sebanyak 900 siswa jenjang SMA/MA berkompetisi di Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2022 Tingkat Nasional. OSN Tingkat Nasional digelar secara daring dari tanggal 3-7 Oktober 2022.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Iwan Syahril, mengucapkan selamat kepada seluruh peserta OSN 2022. Menurutnya para peserta selalu bersemangat untuk belajar, berupaya membangun prestasi dalam iklim pembelajaran positif meskipun beberapa waktu lalu mengalami keterbatasan karena pandemi.

“Apresiasi setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada Bapak dan Ibu Guru, para pendamping, para orang tua yang selalu memberikan dukungan serta motivasi kepada anak-anak kita untuk terus percaya diri dalam mengikuti OSN ini," kata Iwan saat membuka OSN 2022 secara virtual pada Senin (03/10/22).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi menyampaikan n bertujuan untuk mengembangkan peserta didik di bidang sains. Selain itu OSN juga bertujuan menjaring peserta didik untuk menuju olimpiade sains tingkat internasional.

 

“Sudah lebih dua dekade kita menyelenggarakan OSN dan kita juga senantiasa mempersiapkan OSN untuk menjadi bagian dari upaya kita dalam mengidentifikasi talenta-talenta terbaik di bidang sains. Kita siapkan talenta-talenta terbaik pada sembilan bidang sains dari OSN untuk menuju olimpiade sains internasional. Kita turut berbangga karena setiap tahunnya dari olimpiade sains internasional senantiasa menorehkan prestasi yang hebat,” tutur Asep seperti dikutip dari laman puspresnas.

Tahun ini di bidang sains siswa Indonesia telah menorehkan prestasi sebanyak 43 medali yaitu lima medali emas, 17 medali perak, dan 21 medali perunggu. Dari kurang lebih 90 raihan prestasi internasional yang sudah Puspresnas raih, hampir 50% dari jumlah tersebut disumbangkan oleh talenta-talenta di bidang sains. Mereka sebelumnya sudah diidentifikasi dan dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang internasional dan sebagian sudah menjadi bagian talenta-talenta yang dibina oleh Puspresnas dalam program persiapan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) S1 Luar Negeri.

Di akhir laporannya, Asep Sukmayadi juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta OSN 2022. “Adik-adik yang berkumpul pada kesempatan pembukaan hari ini adalah betul-betul adik-adik yang terpilih. Bayangkan, dari 230.562 peserta, adik-adik sekarang sebentar lagi membuktikan kemampuan untuk menjadi yang terbaik,” tambah Asep.

OSN adalah ajang talenta bidang sains bagi peserta didik jenjang SMA/MA. Pesertanya tidak hanya di wilayah Indonesia, tetapi juga untuk Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Di OSN para peserta didik berkompetisi melalui serangkaian tahapan berjenjang mulai dari Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S), Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) hingga tingkat nasionasl yaitu OSN. Tahun ini peserta OSN-K mencapai 230.562 peserta, Mereka kemudian diseleksi kembali menjadi 19.650 peserta untuk bersaing di OSN-P. Dari 19.650 peserta diseleksi kembali menjadi 900 peserta untuk mengikuti OSN.

OSN tahun 2022 mengusung tema “Sains Pulihkan Negeri” dan dengan tagar #BerprestasidariRumah. Terdapat sembilan bidang lomba di OSN tahun ini yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Baca juga :

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional Jenjang SMA/MA Segera Digelar, Ini Jadwal Lengkapnya

Ini 15 Sekolah dengan Siswa Terbanyak Ikut OSN Tingkat Nasional 2022

415 Siswa Lolos Finalis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2022

Tim Indonesia Raih Empat Medali di Olimpiade Astronomi 2022

Hebat ! Tim Indonesia Rebut Delapan Medali Olimpiade Informatika Internasional

Bangga, Siswa Indonesia Raih 4 Medali Perak di Olimpiade Kimia Internasional

Top, Siswa Indonesia Raih 2 Emas dan 2 Perunggu dalam Olimpiade Biologi Internasional 2022

Tim Olimpiade Matematika Indonesia Raih Lima Medali pada IMO ke-63 di Norwegia

Tim Fisika Indonesia Raih Lima Medali pada IPhO 2022 di Swiss

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected]id (Marketing)

× Image