Ini Profil MTsN 19 Jakarta yang Tembok Sekolahnya Roboh karena Banjir dan Tiga Siswanya Meninggal

Serba Serbi  
Tiga siswa MTsN 19 Jakarta meninggal tertimpa tembok sekolah yang roboh saat hujan dan banjir. Foto suasana di MTsN 19 Jakarta saat banjir menerjang, Kamis (06/10/22). Foto : dok republika
Tiga siswa MTsN 19 Jakarta meninggal tertimpa tembok sekolah yang roboh saat hujan dan banjir. Foto suasana di MTsN 19 Jakarta saat banjir menerjang, Kamis (06/10/22). Foto : dok republika

Kampus—Tiga siswa MTsN 19 Pondok Labu, Jakarta Selatan meninggal akibat tembok sekolah roboh karena luapan banjir, Kamis (6/10) sekitar pukul 14.50 WIB Kejadian itu terjadi setelah hujan lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta.

Kapolsek Cilandak Kompol Multazam Lisendra seperti dikutip republika.co.id, mengatakan tembok roboh di MTsN 19 menjadi penyebab tiga korban meninggal dunia. Tembok roboh karena luapan air yang mendorongnya.

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 beralamat di Jalan Pinang Kalijati No1 RT 008/09, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Dikutip dari laman https://mtsn19jakartaselatan.sch.id/ . MTsN 19 Jakarta sebelumnya adalah kelas jauh dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mampang Jakarta Selatan yang berlokasi di Mampang Jakarta Selatan. Kegiatan belajar mengajar pertama dimulai pada tahun pelajaran 1995/1996 dengan menempatkan siswa kelas I Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mampang Jakarta Selatan, dan sebagai pimpinan lokasinya adalah H Mahfudz Ismail, BA.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berdasarkan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 107 Tahun 1997 tentang Pembukaan dan Penegerian Madrasah tertanggal 17 Maret 1997, MTsN 19 Jakarta resmi menjadi madrasah negeri mandiri lepas dari madrasah induknya yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mampang Jakarta Selatan. MTsN 19 menempati lokasi di Jalan Pinang Kalijati, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kepala MTsN 19 yang pertama adalah Drs Mahdi. Sejak diresmikan MTsN 19 Jakarta di pimpin oleh delapan kepala madrasah

MTsN 19 mendapatkan nilai akreditasi A (unggul) tahun 2019 berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah Nomor : 752 / BAN-SM / SK / 2019 Tentang Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah / Madrasah Provinsi DKI Jakarta Tahap 1.

MTsN 19 Jakarta memiliki beragam fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar. Antara lain ruang OSIS, fasilitas inklusif, Lab IPA, dan masjid. Selain itu ada perpustakaan, kantin sekolah, area parkir, lapangan olahraga, ruang komite, toilet siswa, ruang PTSP, dan ruang kelas

Salah satu misi MTsN 19 adalah “Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif tanpa takut salah dan demokratis serta tanpa melihat keterbatasan agar memberikan hasil terbaik bagi perkembangan peserta didik.” Untuk mewujudkannya MTsN 19 Jakarta melakukan suatu terobosan baru yaitu dengan melaksanakan pendidikan inklusif.

Sejak tahun 2015, MTsN 19 Jakarta melaksanakan pendidikan inklusif untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Hal ini pulalah yang sampai saat ini menjadi keunggulan dan ciri khas dari MTsN 19 Jakarta. Hingga tahun pelajaran 2021/2022 ini Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) tersebut adalah anak-anak dengan hambatan penglihatan (tuna netra dan low vision), hambatan gerak (tuna daksa), hambatan intelektual ringan dan autis ringan. (K-01)

Baca juga :

Sebanyak 106 Madrasah Swasta Diusulkan Jadi Negeri

Kemenag Gelar Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tahun 2022, Ini Syaratnya

30 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia , Salah Satunya Sekolah Ranking 1 Nasional

Cek Pengumuman Hasil Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten/Kota di Laman ksm.kemenag.go.id

Kemenag Gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, Simak Jadwalnya

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image