Ini Pertanyaan yang Kerap Muncul Seputar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Jawabannya

Info Kampus  
Salah satu persyaratan SNBP adalah siswa memiliki prestasi akademik dan/atau nonakademik baik dan konsisten. Foto : snpmb
Salah satu persyaratan SNBP adalah siswa memiliki prestasi akademik dan/atau nonakademik baik dan konsisten. Foto : snpmb

Kampus—Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah diluncurkan. Tahapan seleksi yang paling dekat adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Sobat Kampus harus segera menyiapkan diri untuk mengikuti seleksinya.

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa (SNPMB) tahun 2023 terdiri dari tiga jalur. Pertama SNBP sebagai pengganti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebagai pengganti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ketiga adalah Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN.

Baca juga : Kemendikbudristek Keluarkan Kebijakan Baru Seleksi Masuk PTN, SNMPTN dan SBMPTN akan Diubah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banyak pertanyaan terkait SNBP yang mulai diberlakukan tahun 2023. Berikut adalah pertanyaan yang sering muncul seputar SNBP 2023 dan jawabannya dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3), BP3 adalah badan yang ditunjuk untuk menjadi penyelenggara SNPMB tahun 2023 menggantikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

 


Apakah seleksi nasional berdasarkan prestasi memakai semua mata pelajaran?

Seleksi nasional berdasarkan prestasi meliputi prestasi akademik dan/atau non-akademik.Seleksi nasional berdasarkan prestasi berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah yaitu pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran dan maksimal 50 persen untuk nilai mata pelajaran pendukung program studi, prestasi, dan/atau portofolio. Prestasi yang dimaksud adalah prestasi yang sejalan dengan prodi yang dipilih. Portoflio hanya untuk peserta didik yang mendaftar di prodi seni dan olahraga. Jenis prestasi dan portofolio ditetapkan oleh PTN.


Apa saja persyaratan peserta seleksi nasional berdasarkan prestasi?

Persyaratan peserta seleksi nasional berdasarkan prestasi sebagai berikut a. siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan; b. memiliki prestasi akademik dan/atau nonakademik baik dan konsisten; c. masuk kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah; dan d. memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Baca selengkapnya: Persyaratan Sekolah, Peserta, dan Pilihan Program Studi Masuk PTN Melalui SNBP 2023


Kapan waktu pelaksanaan seleksi nasional berdasarkan prestasi ?

Pelaksanaan dan pengumuman hasil seleksi nasional jalur prestasi, mulai dari proses pendaftaran sampai dengan pelaksanaan seleksi prestasi, dilakukan sebelum pelaksanaan seleksi nasional berdasarkan tes. Detail tanggal dan mekanisme pendaftaran seleksi akan diumumkan lebih lanjut. Mohon melakukan pengecekan secara berkala ke laman: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
Baca selengkapnya:
Jadwal Resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Melalui SNBP dan UTBK-SNBT


Kenapa salah satu komponen dalam seleksi nasional berdasarkan prestasi menghitung nilai rata-rata semua mata pelajaran?

Untuk mendorong siswa agar fokus di semua mata pelajaran. Tidak hanya di beberapa mata pelajaran saja. Peserta didik terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara holistik dan lintas disipliner.


Apakah penilaian seleksi nasional berdasarkan prestasi sama dengan sistem SNMPTN yang sebelumnya?

Untuk seleksi nasional berdasarkan prestasi, yang akan diperhitungkan pada seleksi masuk PTN 2023 adalah : 1. Minimal 50 persen rata-rata nilai rapor semua mata pelajaran. 2. Maksimal 50 persen nilai maksimal 2 mata pelajaran pendukung, prestasi dan/atau portofolio untuk program studi seni dan olaharaga.

Baca selengkapnya : Siswa SMA Wajib Tahu, SNMPTN Diubah Menjadi Penilaian Prestasi, Begini Aturannya


Apakah peringkat sekolah mempengaruhi peserta didik yang diterima pada seleksi berbasis prestasi ?

Kriteria dan penetapan hasil kelulusan seleksi nasional berdasarkan prestasi merupakan kewenangan Pimpinan PTN.

Sobat Kampus juga bisa menanyakan hal lain seputar SNBP yang ingin diketahui. Kampus.republika.co.id akan menulis konten berdasarkan pertanyaan sobat.

(Kampus-01)


Baca juga :

Ambil Prodi Komunikasi di SNBP 2023 ? Cek Mata Pelajaran Pendukungnya

Pilih Jurusan Hukum di SNBP 2023 ? Ini Mata Pelajaran Pendukungnya

Ambil Akuntansi, Manajemen, Logistik, Administrasi Bisnis, atau Bisnis di SNBP ? Kuatkan Mapel Ini

Pilih Program Studi Rumpun Ilmu Alam di SNBP 2023 ? Perhatikan Mata Pelajaran Ini

Ini Mata Pelajaran Pendukung di SNBP untuk Program Studi Komputer, Logika, dan Matematika

Pilih Prodi Pertanian, Peternakan, atau Perikanan di SNBP 2023 ? Ini Mata Pelajaran Pendukungnya

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image