Info Kampus

Ini Juara Pilmapres Nasional 2023, IPB dan UGM Teratas

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2023  digelar di Universitas Hasanuddin (Unhas) 23-26 Juli 2023. Foto : puspresnas
Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2023 digelar di Universitas Hasanuddin (Unhas) 23-26 Juli 2023. Foto : puspresnas

Kampus—Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2023 yang digelar di Universitas Hasanuddin (Unhas) menghasilkan sejumlah pemenang. Mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi yang teratas kategori Diploma dan Sarjana.

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Kemendikbudristek setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Baca juga :

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ini 37 Finalis Pilmapres 2023, Cek dari Kampusmu | kampus (republika.co.id)

Indonesia Raih Dua Perak dan Dua Perunggu di OIimpiade Kimia Internasional 2023 | kampus (republika.co.id)

Babak final Pilmapres 2023 diikuti oleh 37 mahasiswa. Mereka adalah mahasiswa yang lolos pada Seleksi Awal Nasional Pilmapres tahun 2023. Final Pilmapres 2023 dilakukan secara luring di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Hendarman dalam acara penutupan dan penganugerahan yang berlangsung di Kampus Unhas, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/7/2023) menyampaikan terima kasih kepada pihak Unhas sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Menurutnya, gelaran kali ini lancar dan sukses hingga selesai. Ia juga menyampaikan permohonan maaf bila dalam pelaksanaan kegiatan terdapat kekurangan.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Dr Beny Bandanadjaja dalam sambutannya menegaskan bahwa 37 finalis sudah menunjukkan prestasi yang luar bisa. Dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh finalis yang telah mengikuti kegiatan.

“Selamat kepada seluruh finalis dan yang mendapatkan juara. Yang belum juara jangan putus asa, masa depan masih panjang, kesempatan masih banyak,” ungkapnyaa seperti dilansir laman Unhas.


Juara Pilmapres Tahun 2023

Kategori Program Diploma

Juara 1: Volika Sinci Sari (Institut Pertanian Bogor)

Juara 2: Fatimah Nurul Izzah (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Juara 3: Kharizma Aulia Syarifiyah (Universitas Diponegoro)

Harapan 1: Farhan Naufadly (Politeknik Caltex Riau)

Harapan 2: Nabiilah Aziizah Tjandra (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Harapan 3: Muhammad Daffa Fadlurrahman (Politeknik Negeri Sriwijaya)


Kategori
Program Sarjana

Juara 1: Schalke Anindya Putri (Universitas Gadjah Mada)

Juara 2: Syahidah Asma Amanina (Universitas Diponegoro)

Juara 3: Shaira Amirah (Universitas Indonesia)

Harapan 1: Gastin Gabriel Jangkan (Universitas Lambung Mangkurat)

Harapan 2: I Gede Aswin Parisya Sasmana (Universitas Udayana)

Harapan 3: Azzahra Putri Santi (Institut Pertanian Bogor)


Kategori Honorable Mention

Penginspirasi Kepedulian
Program Diploma: Volika Sinci Sari– IPB

Program Sarjana : Regina Farah Nafilah– Unhas

Pengispirasi Komunikasi Kemahiran

Program Diploma: Farhan Naufaldy– Politeknik Caltex

Penginspirasi Ketangguhan

Program Sarjana : Azzahra Putri Santi – IPB

Penginspirasi Kewirausahaan Sosial

Program Sarjana : Daphne Andrea– Universitas Katolik Parahyangan


Schalke Anindya
Juara Kategori Sarjana dari UGM

Schalke Anindya Putri dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara 1 Pilmapres Nasional 2023 kategori sarjana. Foto : ugm
Schalke Anindya Putri dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara 1 Pilmapres Nasional 2023 kategori sarjana. Foto : ugm

Schalke Anindya Putri yang berhasil meraih juara 1 Pilmapres Nasional 2023 kategori sarjana mengaku bangga bisa meraih prestasi itu. Sebelumnya ia tidak pernah membayangkan akan menyabet predikat sebagai mahasiswa terbaik dalam ajang bergengsi itu.

“Perasaanya saat diumumkan jadi juara pastinya campur aduk. Senang karena merasakan keberhasilan dari berbagai kesulitan yang saya alami selama persiapan dan selama kuliah, tetapi juga merasa ini adalah sebuah tanggung jawab besar yang harus saya pegang,” tutur mahasiswa angkatan 2020 itu seperti dilansir laman UGM.

Schalke sukses menjadi mahasiswa berprestasi terbaik nasional usai menyisihkan 18 mahasiswa terbaik lainnya dari masing-masing regional di Indonesia. Sebelum dinobatkan sebagai Mapres Terbaik Naisonal, gadis berjilbab ini harus melewati serangkaian seleksi panjang. Seleksi dimulai di tingkat fakultas bersaing dengan rekan-rekannya di FEB UGM. Lalu, ia pun terpilih menjadi mahasiswa berprestasi 1 FEB yang mewakili fakultas untuk berkompetisi di tingkat universitas. Perjuangan berlanjut di tingkat fakultas ia beradu dengan mahasiswa lain perwakilan 18 fakultas di UGM.

Perjuangannya pun membuahkan hasil. Kerja keras dan ketekunannya berhasil menghantarkan Schalke menjadi Mapres Terbaik 1 di UGM kategori sarjana dan melaju seleksi wilayah LLDIKTI V. Di tingkat wilayah ini seleksi diikuti sebanyak 22 mahasiswa program sarjana dan 16 mahasiswa program diploma.

“Dari tingkat wilayah dipilih 3 terbaik di masing-masing kategori untuk maju ke seleksi tingkat nasional yang diikuti kurang lebih 90 mahasiswa dari program sarjana dan diploma,” terangnya.

Lalu, di seleksi awal tingkat nasional disaring 19 terbaik program sarjana dan 18 program diploma. Seluruh peserta berkompetisi ketat mempresentasikan gagasan kreatif, melakukan pidato bahas Inggris serta diskusi panel. Setelah melalui penilaian para dewan juri dari berbagai aspek, Schalke akhirnya dipilih menjadi Mapres Terbaik 2023 Tingkat Nasional.

Sebelum terpilih menjadi Mapres Terbaik Nasional, putri pasangan Pikri Ilham Kurniasyah (alumnus MM UGM angkatan 2013) dan Purwanti Handayani ini telah berhasil mengumpulkan sejumlah penghargaan. Antara lain 1st Winner of Youth Innovation Challange, ASEAN Youth Agenda (2023), 1st Winner of B20 Energy, Sustainability, and Climate Interantional Essay Competition, SRE Indonesia (2022), dan 1st Winner of IIBD Interantional Case Competition, Hong Kong Baptis University (2021).

Pretasi lain yang diperoleh di tahun 2021 yaitu 1st Winner Competition for University in Business & Economics (CUBE), Prasetya Mulya University, lalu 1st Winner of 2nnd IAF International Case Competition, 1st Winner of StudentsxCEOs 10th Grand Summut Case Competition, serta 3rd Winner of Innovative Business Leaders Case Challenge.


Baca juga :

Secepatnya Bergabung, Kartu Prakerja Gelombang 58 Sudah Dibuka Hari Ini | kampus (republika.co.id)

Kisah Ivan Taufiq, Anak Petani Juara 1 Pilmapres 2022 Jenjang Diploma yang Punya 31 Prestasi | kampus (republika.co.id)

Kisah Ilham Muhammad, Juara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2022 yang Punya 62 Penghargaan

Ini Pemenang Pilmapres Tingkat Nasional 2022, Ada dari Kampusmu ?

Tim Olimpiade Fisika Raih Dua Perak, Satu Perunggu, dan Dua Honourable Mentions di IPhO 2023 | kampus (republika.co.id)

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news