Hungaria Tambah Kuota Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia

Beasiswa  
Delegasi Indonesia mengunjungi Hungaria untuk melakukan penjajakan kerjasama di bidang pendidikan. Hungaria berkomitmen menambah kuota beasiswa Stipendium Hungaricum pada tahun 2023. Foto : dikti.kemdikbud.go.id
Delegasi Indonesia mengunjungi Hungaria untuk melakukan penjajakan kerjasama di bidang pendidikan. Hungaria berkomitmen menambah kuota beasiswa Stipendium Hungaricum pada tahun 2023. Foto : dikti.kemdikbud.go.id

Kampus—Indonesia akan mendapat tambahan beasiswa Stipendium Hungaricum pada tahun 2023. Beasiswa Stipendium Hungaricum merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Hungaria yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa di dunia termasuk Indonesia untuk berkuliah di sana.

Sebelumnya, di tahun 2022 beasiswa ini diberikan kepada 100 mahasiswa Indonesia. Tahun 2023 jumbah itu bertambah menjadi 110. Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Sofwan Effendi Penambahan kuota ini merupakan wujud komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pendidikan tinggi.

Sofwan mengapresiasi pemerintah Hungaria, khususnya Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (Kemenludag) yang telah menyediakan sebanyak 100 beasiswa bagi WNI untuk studi di Hungaria.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Dengan semakin tingginya minat WNI untuk studi ke Hungaria yang tercermin dari semakin meningkatnya jumlah pelamar Stipendium Hungaricum setiap tahun, maka diusulkan untuk menambah kuota beasiswa,” kata Sofwan selaku delegasi Indonesia dalam kunjungannya ke Hungaria, Senin (03/10/22).

Head of Stipendium Hungaricum, Kemenludag Hungaria Itsvan Perosa menyatakan persetujuan untuk menambah kuota 10 bagi Indonesia, sehingga totalnya menjadi 110 beasiswa. “Mengingat bahwa MoU tentang beasiswa Stipendium Hungaricum dengan Kemendikbudristek akan berakhir di Desember 2022 ini, maka penambahan kuota tersebut akan diusulkan dalam draft MoU baru,” ujar Itsvan.

Sofwan pun turut menemui 70 orang penerima beasiswa Stipendium Hungaricum angkatan 2022. Dalam kesempatan itu, Sofwan juga mengatakan akan menambah biaya hidup untuk penerima beasiswa Stipendium Hungaricum tahun 2022. Biaya tersebut untuk menutupi kekurangan biaya hidup selama maksimal enam bulan yang disesuaikan dengan standar biaya hidup di Hungaria.

“Kemendikbudristek telah menindaklanjuti surat dari KBRI kepada Mendikbudristek terkait permohonan top-up biaya hidup bagi penerima beasiswa Stipendium Hungaricum,” kata Sofwan.

Dalam lawatan ke Hungaria, delegasi Indonesia juga melakukan penjajakan tentang peluang kerja sama lain dengan pemerintah Hungaria dalam pengembangan sumber daya manusia. Beberapa bentuk kerja sama yang ditawarkan seperti joint/dual degree, post doctoral, dan mobility programe lainnya dalam skema co atau joint funding.


Baca juga :

24 Orang Penerima Beasiswa IISMAVO Diberangkatkan ke Inggris, Berasal dari 18 Perguruan Tinggi

Paling Banyak Peminat, 50 Peserta IISMA 2022 Berangkat ke Korea Selatan

Tips Lolos IISMA dari IISMA Awardee, Jangan Takut Gagal

Ini Tips Agar Lolos IISMA dari Mahasiswa ITB

Tips Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2022 ke 65 Universitas Dunia dari Kemendikbud

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran, melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image