Ingin Tetap Sehat Walaupun Begadang Nonton Piala Dunia ? Ikuti Tips Dosen UM Surabaya Ini

Serba Serbi  
Begadang nonton Piala Dunia bisa melemahkan kekebalan tubuh sehingga seseorang akan lebih mudah terserang penyakit. Ilustrasi. Foto : fcsmj.fr
Begadang nonton Piala Dunia bisa melemahkan kekebalan tubuh sehingga seseorang akan lebih mudah terserang penyakit. Ilustrasi. Foto : fcsmj.fr

Kampus—Sobat Kampus suka begadang nonton pertandingan sepak bola di Piala Dunia ? Hati-hati ya, kebiasaan begadang bisa berakibat melemahnya sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh melemah seseorang akan lebih mudah terserang penyakit.

Orang dewasa disarankan untuk tidur malam selama delapan jam agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kebutuhan tidur ini umumnya berbeda-beda pada masing-masing individu, tergantung usia dan aktivitas.

Dede Nasrullah Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya membagikan sejumlah tips agar sistem kekebalan tubuh tidak turun saat begadang nonton Piala Dunia. Dikutip dari laman UM Surabaya, berikut adalah sembilan tips agar kita tetap sehat walaupun begadang nonton Piala Dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Luangkan Waktu untuk Tidur Siang

 

Meluangkan waktu untuk tidur siang pada jam istirahat selama 30–60 menit penting dilakukan. Namun, usahakan untuk tidak terlalu lama agar tidak pusing setelahnya.

2. Konsumsi Minuman Berkafein

Untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul akibat bergadang, seseorang bisa mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Akan tetapi tetap tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman kafein berlebihan. Batas wajar tubuh mendapatkan asupan kafein adalah 400 miligram atau sekitar empat cangkir kopi seduh setiap harinya.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Berolahraga ringan mulai dari 15 sampai 30 agar tubuh selalu bugar. Seseorang disarankan juga untuk berolahraga satu minggunya melakukan minimal 150 menit.

4. Konsumsi Sayur dan Buah

Mengkonsumsi sayur dan buah dapat membuat tubuh cepat kenyang dan tahan lapar dalam waktu beberapa jam. Sehingga tidak memakan cemilan yang kurang sehat pada malam hari, yang akan membuat tubuh menjadi rusak.

5. Sesuaikan Pencahayaan di Kamar Tidur

Saat lelah sebagian orang lebih memilih memadamkan lampu agar bisa beristirahat dengan nyenyak. Kegelapan ini justru memberi isyarat pada tubuh untuk melepaskan melatonin, yaitu hormon yang memicu rasa kantuk. Namun, jika seseorang tetap ingin terjaga setelah bergadang, usahakan untuk selalu berada di ruangan yang terang.

6. Konsumsi Tinggi Protein

Selain sayur-sayuran dan buah-buahan konsumsi makanan yang tinggi protein hewani, seperti telur, ikan, ayam dan daging yang tidak menggunakan lemak.

7. Konsumsi Vitamin

Asupan gizi bisa didapatkan dari vitamin selain dari makanan. Kegiatan begadang berpotensi akan menurunkan daya tubuh, sehingga penting untuk membiasakan untuk mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tubuh. Seseorang bisa mengkonsumsi vitamin C dan D.

8. Konsumsi Air Putih dan Madu

Ketika begadang sangat membutuhkan stamina yang prima, karena saat begadang menyebabkan energi terkuras banyak. Untuk mendapatkan stamina yang baik dan prima, salah satunya dapat melalui bantuan air putih dan madu, keduanya amat berguna buat meningkatkan daya tahan tubuh ketika dikonsumsi.

9. Hindari Langsung Mandi Setelah Begadang

Mandi pagi memang bagus untuk kesehatan dan kesegaran tubuh. Tapi jika seseorang begadang, lebih baik hindari langsung mandi setelah pada pagi harinya karena bisa memicu penyakit flu.

Piala Dunia semakin seru, ada sejumlah pertandingan yang digelar dini hari. Semoga tips ini dapat membantu Sobat Kampus menjaga tubuh tetap sehat tanpa harus kehilangan kesempatan menonton pertandingan di Piala Dunia.

Baca juga :

Ini Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa dari Dosen UM Surabaya

Begini Tips dari Pakar UM Surabaya untuk Menangani Anak yang Mengalami Demam Tinggi

Remaja Perlu Tahu tentang Kesehatan Reproduksi Agar Terhindar dari Seks Bebas

Mengenal Diri Sendiri Penting untuk Menjaga Kesehatan Mental

Mahasiswa UGM Ciptakan Tongkat Pintar Deteksi Kesehatan, untuk Bantu Lansia dan Tunanetra

Ini Manfaat Penting Susu Menurut Pakar IPB

Ingin Menurunkan Berat Badan ? Ikuti Lima Langkah Diet yang Aman dan Sehat dari Ahli Gizi UGM

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image