Polisi Sebut Bom Bunuh Diri Bandung Gunakan Bom Panci, Apa Itu Bom Panci ?

Serba Serbi  
Sejumlah petugas berada di lokasi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Jalan Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat,  Rabu (07/12/22). Diduga bom bunuh diri itu menggunakan bom panci. Foto : republika
Sejumlah petugas berada di lokasi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Jalan Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (07/12/22). Diduga bom bunuh diri itu menggunakan bom panci. Foto : republika

Kampus—Pihak kepolisian menyebut aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat menggunakan bom panci. Bom panci selama ini sering digunakan dalam aksi-aksi terorisme.

"Bentuknya bom panci, bentuknya memang panci," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo Rabu (7/12/2022) seperti dikutip dari republika.co.id.

Bom panci presto atau pressure cooker bomb relatif mudah dibuat dan murah. Apa itu bom panci ? Dikutip dari berbagai sumber, bom panci adalah adalah bom yang menggunakan panci presto sebagai wadah alat ledaknya. Di dalam panci presto tersebut dimasukan beragam jenis bahan peledak dan partikel lain seperti paku, bongkahan besi, kaca, dan lainnnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Panci tersebut sudah dirakit sedemikian rupa agar detonator bisa memicu panas untuk memanaskan panci agar bisa meledak dan menyebarkan bahan peledak di dalamnya sehingga menjadi bom yang mematikan .

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bom panci juga mudah didapat. Bom dapat dipicu menggunakan perangkat elektronik sederhana seperti jam digital, pembuka pintu garasi, ponsel, pager, timer dapur, atau jam alarm. Kekuatan ledakan tergantung pada ukuran panci presto dan jumlah serta jenis bahan peledak yang digunakan.

Daya ledak yang dihasilkan bom panci tidak main-main. Bom ini bisa lebih mematikan jika dipasang benda-benda tajam. Saat meledak akan menimbulkan banyak korban.

Sejumlah aksi terorisme yang menggunakan bom panci antara lain pengeboman kereta Mumbai 2006, penyerangan Markas Polsek Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya tanggal 20 Juli 2013, dan bom bunuh diri di Halte Transjakarta dan Toilet Terminal Kampung Melayu tanggal 24 Mei 2017.



Baca juga :

Jangan Sembarangan Bikin Konten Prank ke Polisi, Bisa Dipidana Lho Ferdy Sambo dan Enam Polisi Jadi Tersangka Obstruction of Justice, Ini Artinya

Brigadir J, Bharada E, dan Irjen Ferdy Sambo, Begini Urutan Kepangkatan di Tubuh Polri

Tahun 2023 Resesi Ekonomi ? Ini Tips Mengelola Keuangan Pribadi untuk Menghadapinya dari Pakar UGM

Overthinking, Apa itu ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya dari Dosen IPB University

Merasa Insecure ? Begini Tips Menghadapinya dari Dosen Psikologi UGM

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Good news is a good news

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image