9.833 Mahasiswa UGM Ikuti PPSMB 2022, Pertama Kali Luring Sejak Pandemi Covid-19

News  
PPSMB UGM wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru program sarjana maupun sarjana terapan. Foto : ugm.ac.id
PPSMB UGM wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru program sarjana maupun sarjana terapan. Foto : ugm.ac.id

Kampus—Sebanyak 9.833 mahasiswa UGM mengikuti pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) 2022 di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Senin (01/08/22). Kegiatan PPSMB ini adalah pertama kalinya digelar secara luring sejak pandemi Covid-19.

“Selamat datang kepada seluruh Gadjah Mada Muda, yang telah hadir di lapangan Pancasila ini dengan wajah berseri dan bersemangat tinggi. Dalam penuh rasa bangga, kami menyambut kehadiran kalian semua, sosok generasi unggul, yang terbaik, dan terpilih, untuk bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada,” ucap Rektor UGM, Prof Ova Emilia seperti dikutip dari laman ugm.ac.id.

Kegiatan orientasi dan pengenalan kampus ini diikuti oleh mahasiswa baru UGM yang pada tahun ini berjumlah 9.833 mahasiswa. Jumlah tersebut terdiri atas 8.215 mahasiswa program Sarjana dan 1.618 mahasiswa program Sarjana Terapan. Mereka diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada tahun ini, PPSMB UGM mengusung tema “Bakti Gadjah Mada, Pilar Intelektual Nusantara”. Rektor menerangkan, momentum PPSMB menjadi langkah awal bagi para Gadjah Mada Muda untuk memperkuat karakter ‘SANG JUARA’ yaitu pribadi yang santun, adil, nasionalis, gembira, jujur, unggul, amanah, religius, dan andal.

Harapannya, para Gadjah Mada Muda akan mampu mengembangkan kecerdasan, kemampuan berpikir kritis, analitik, dan solutif, serta menjadi pribadi berkarakter selama menempuh pendidikan.

“Saat menjadi seorang mahasiswa, para Gadjah Mada Muda harus mulai menyadari peran dan tanggung jawab sebagai sosok pembelajar sejati. Memupuk semangat kolaborasi, membangun ketahanan diri, inovasi dan kemampuan beradaptasi, telah menjadi budaya belajar kaum intelektual, untuk merespon kompleksitas perkembangan lingkungan sosial,” papar pektor.

Ova berpesan agar para mahasiswa baru memahami mandat serta tanggung jawab mereka sebagai sosok pembelajar di kampus UGM, dan terus belajar untuk memperkuat kapasitas serta kompetensi diri dalam setiap jengkal ruang kesempatan.

“Kelak, bekal ilmu yang diperoleh selama mengenyam pendidikan di kampus ini akan menjadi bentuk pertanggungjawaban pengetahuan kalian di kehidupan sosial masyarakat masa depan,” tutur Ova.

Mahasiswa baru UGM tahun 2022 berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, serta beberapa negara lainnya seperti Malaysia dan Inggris. Sebanyak 19,20% mahasiswa baru UGM merupakan mahasiswa penerima bantuan KIP-K yang sebelumnya dikenal sebagai Beasiswa Bidikmisi.

Dalam upacara pembukaan PPSMB kali ini, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, turut hadir untuk menyampaikan orasi. Ia mengungkapkan bahwa pilihan mereka untuk datang ke Yogyakarta sebagai destinasi edukasi yang menjadi Nusantara Cultural Melting Pot akan membentuk karakter anak bangsa menjadi insan-insan cendekia sekaligus berbudaya.

Sultan juga mengutarakan pentingnya kehadiran ruang dialog budaya dan ruang publik kebudayaan ruang dialog budaya dan ruang publik kebudayaan. “Dengan menyelenggarakan Dialog Publik dan membangun ruang-ruang publik pada gilirannya akan memperkaya semangat ke-Indonesiaan kita,” ungkapnya.

Rangkaian pembelajaran PPSMB dilaksanakan selama enam hari, yaitu pada tanggal 1 - 6 Agustus 2022. Selanjutnya pada tanggal 7 - 13 Agustus 2022 mahasiswa akan mengikuti aktivitas praktik yang disebut sebagai Action Plan.

PPSMB UGM terdiri dari rangkaian kegiatan PPSMB Universitas, PPSMB Soft Skills, dan PPSMB Fakultas/Sekolah Vokasi. PPSMB wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UGM program sarjana maupun sarjana terapan, sebagai persiapan untuk mengikuti proses pembelajaran di UGM.

Setelah mengikuti rangkaian acara PPSMB UGM, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat kelulusan PPSMB yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan selama berkuliah di UGM, dan menjadi salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa.

Baca juga :

Tips Menghubungi Dosen Via WA Agar Urusan Lancar

Merasa Insecure ? Begini Tips Menghadapinya dari Dosen Psikologi UGM

Ini Manfaat Penting Susu Menurut Pakar IPB

Info Hari Ini : Apa Perbedaan PNS dan PPPK ?

Apa Itu BPIP ? Apa Tugasnya ?

Tips Agar Baterai HP Awet Saat Tethering Seharian

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image