12 Siswa SMP Ikuti Training Center Persiapan ke IJSO di Kolombia

Sekolah  
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar training centerkepada 12 calon peserta The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO) tahun 2022. Foto : puspresnas  
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar training centerkepada 12 calon peserta The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO) tahun 2022. Foto : puspresnas

Kampus—Sebanyak 12 siswa SMP mengikuti training center yang diadakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudrsitek pada 2-16 Oktober 2022 . Mereka dipersipkan untuk tampil di ajang The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO). Pada tahun ini IJSO akan dilaksanakan secara luring 2-12 Desember 2022 di CKolombia.

Sebanyak 12 peserta didik yang terpilih mengikuti training center IJSO adalah Cinty Rotan (SMP Methodist 3 Medan), Novin Raushan (SMP Kesatuan Bangsa Bantul), Bagasmora Andreo Sibarani (SMP Dharma Yudha Pekanbaru), Michiko Shen (SMP Swasta Sukma Bangsa Lhokseumawe, Aceh), Keisya Dhiandra Prabowo (SMP Semesta Bilingual Boarding School Semarang), Gusti Komang Abhika Atmaja (SMP Negeri 4 Depok Sleman, DIY), dan Aloysius Gonzaga Duta Setyawan (SMP Pius Tegal, Jateng). Selain itu ada Afrand Mirza Herwinsyah (SMP Negeri 115 Jakarta), Cloris Fidela (SMP Negeri 1 Jepara, Jateng), Kenneth Nicander Wijaya (SMP Kristen 6 Penabur Jakarta), Galang Radityowarman (SMP Lazuardi GIS Depok, Jabar), dan Muhammad Arya Razan (SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Serang, Banten).

Asep Sukmayadi selaku Pelaksana Tugas tugas (Plt) Kepala Puspresnas memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik yang mengikuti training center ini. “Perjuangan adik-adik tentu sudah semakin dekat, setelah berhasil melewati berbagai tahapan seleksi untuk dapat mewakili Indonesia. Tetap lakukan yang terbaik dan selalu jaga semangat, tidak hanya selama pelatihan, tetapi hingga pelaksanaan IJSO nanti pada bulan Desember,” ujar Asep seperti dirilis laman puspresnas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Peserta didik yang terpilih mengikuti training center, sebelumnya dijaring dari pemenang ajang talenta Olimpiade Siswa Nasional (OSN) jenjang SMP tahun 2021 dan 2022. Sebanyak 94 peserta didik dari 24 provinsi di Indonesia diundang untuk mengikuti Seleksi Tahap I. Dari Seleksi Tahap I tersebut terjaring 40 peserta dari 16 provinsi untuk mengikuti Seleksi Tahap II.

Kemudian, dari Seleksi Tahap II terpilih 12 peserta didik untuk mengikuti training center. Dari training center ini peserta didik akan diberikan pembinaan dan diseleksi kembali menjadi enam peserta didik untuk mewakili Indonesia di IJSO 2022.

Dalam training center ini, pembinaan dan asistensi diberikan oleh para praktisi dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Peserta didik setiap harinya mengikuti training center untuk mempersiapkan diri secara maksimal.Hal ini dilakukan karena IJSO merupakan ajang tahunan bergengsi yang mewadahi kompetisi para pelajar SMP dalam bidang fisika, biologi dan matematika. Kompetisi ini terdiri dari tes tertulis, teoritis, dan praktik mengenai pengetahuan fisika, kimia, dan biologi.

Salah seorang pendamping, Faadhilaah Nur Rizki dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyampaikan bahwa seluruh peserta didik antusias dan semangat mengikuti training center ini. “Alhamdulillah, untuk persiapan mereka sendiri sejauh ini berjalan dengan lancar. Anak-anak juga rajin dan semangat dalam belajar bahkan sebelum tes berlangsung mereka antusias bertanya mengenai tes akhir pekan kapan dimulainya dan penilaiannya seperti apa. Setiap harinya anak-anak diberikan pembinaan dan asistensi dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam,” jelas Faadhilaah.

Antusias dan semangat tersebut diperjelas dengan pesan dan kesan dari peserta. “Pembinaannya seru. Terutama saat aku bertemu dengan tutor dosen yang lucu saat memberikan pelajaran.. Teman-teman disini juga seru dan aktif. Harapannya semoga bisa lolos dan bisa mewakili Indonesia,” ungkap Gusti Komang Abhika Atmaja

Kesan serupa juga disampaikan oleh Keisya Dhiandra Prabowo. “Seru banget teman-temannya pengajarnya juga sangat ahli. Saya juga berharap bisa menyerap ilmu dengan baik dan menunjukkan yang terbaik,” kata Keisya.

Baca juga :

900 Siswa Berkompetisi di Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2022 Jenjang SMA/MA

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional Jenjang SMA/MA Segera Digelar, Ini Jadwal Lengkapnya

Ini 15 Sekolah dengan Siswa Terbanyak Ikut OSN Tingkat Nasional 2022

415 Siswa Lolos Finalis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2022

Tim Indonesia Raih Empat Medali di Olimpiade Astronomi 2022

Hebat ! Tim Indonesia Rebut Delapan Medali Olimpiade Informatika Internasional

Bangga, Siswa Indonesia Raih 4 Medali Perak di Olimpiade Kimia Internasional

Top, Siswa Indonesia Raih 2 Emas dan 2 Perunggu dalam Olimpiade Biologi Internasional 2022

Tim Olimpiade Matematika Indonesia Raih Lima Medali pada IMO ke-63 di Norwegia

Tim Fisika Indonesia Raih Lima Medali pada IPhO 2022 di Swiss

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image