408 Mahasiswa Angkatan Pertama IISMAVO Berangkat ke 11 Negara

Serba Serbi  
IISMAVO merupakan program yang diperuntukan bagi mahasiswa vokasi untuk menjalani studi sekaligus kegiatan magang selama satu semester di luar negeri. Foto : kemdikbud.go.id
IISMAVO merupakan program yang diperuntukan bagi mahasiswa vokasi untuk menjalani studi sekaligus kegiatan magang selama satu semester di luar negeri. Foto : kemdikbud.go.id

Kampus—Program Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi (IISMAVO) akan memberangkatkan 408 mahasiswa untuk menjalani studi sekaligus kegiatan magang selama satu semester di 11 negara.

Pada tahap awal IISMAVO melepas keberangkatan 72 peserta ke Australia, Korea Selatan, Taiwan, dan Prancis, Jumat (26/08/22). Selanjutnya, IISMAVO juga akan memberangkatkan peserta ke Inggris, Irlandia, Hungaria, Turki, Jerman, dan Malaysia pada bulan September dan Oktober mendatang.

“Mahasiswa ini akan mengikuti program mobilitas sambil magang di 40 perguruan tinggi serta 184 industri di luar negeri,” kata Ketua Program IISMAVO Hilda Cahyani seperti dirilis laman kemdikbudristek.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Program IISMAVO untuk pertama kalinya hadir pada tahun 2022 untuk mendekatkan pendidikan vokasi Indonesia dengan industri internasional. Mengusung jargon learning in collaboration with industry, program ini mempersiapkan mahasiswa pendidikan vokasi menghadapi tuntutan dunia industri yang kian mengglobal.

 

“Dunia Industri akan kian mengglobal, dan anak didik kita diharapkan memiliki kemampuan berinteraksi internasional yang menjadi salah satu keterampilan utama,” imbuhnya.

Di tahun pertama penyelenggaraannya, program ini telah mampu menarik animo ribuan mahasiswa pendidikan vokasi. Hilda menerangkan, terdapat 1.137 mahasiswa dari 89 PTPPV di 22 provinsi yang merampungkan pendaftaran untuk IISMAVO angkatan pertama. Melalui serangkaian proses seleksi, terpilih 408 mahasiswa yang lolos untuk mengikuti program.

Pada acara pelepasan, Hilda menyampaikan pesan kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai momentum untuk memperkuat jejaring internasional dan mempelajari berbagai budaya asing. Ia juga berpesan agar mahasiswa senantiasa menjaga diri serta menjaga nama baik perguruan tinggi, pendidikan vokasi, dan bangsa Indonesia.

“Mahasiswa yang diberangkatkan ini adalah duta bangsa, maka penting agar selalu menjunjung tinggi segala tutur kata, tingkah laku, dan sopan santun dengan baik,” ungkapnya.

Acara pelepasan ini merupakan salah satu kegiatan seremonial yang diselenggarakan tepat sebelum peserta program berangkat ke negara tujuan masing-masing. Dalam kegiatan ini para peserta menerima arahan tentang hal-hal yang harus mereka lakukan selama mengikuti program IISMAVO.

Sebelum keberangkatan, peserta juga mengikuti pengarahan persiapan keberangkatan (pre-departure briefing) oleh perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), atau Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI). Harapannya, peserta tidak hanya mampu meningkatkan kualitas akademik mereka, namun juga turut memperkenalkan budaya Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia.

IISMAVO merupakan program yang diperuntukan bagi mahasiswa vokasi sebagai bentuk terobosan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing global dengan dukungan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga :

Paling Banyak Peminat, 50 Peserta IISMA 2022 Berangkat ke Korea Selatan

Unpad Berangkatkan 119 Peserta IISMA dan IISMA Vokasi ke Luar Negeri

26 Mahasiswa Vokasi UI Lolos IISMAVO 2022, Kuliah di Kampus Top Dunia

Tips Lolos IISMA dari IISMA Awardee, Jangan Takut Gagal

Ini Tips Agar Lolos IISMA dari Mahasiswa ITB

Tips Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2022 ke 65 Universitas Dunia dari Kemendikbud

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Djarum Beasiswa Plus 2022, Dapat Uang Saku dan Pelatihan Soft Skills

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran, melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image